sedikit cerita tentang operasi prostat

beberapa waktu lalu, salah satu pakdeku menjalani operasi prostat. Awalnya aku ga tau apa itu prostat, bahkan pakdeku sendiri bingung..tp untungnya(alhamdulillah) internet benar2 membantu utk menjelaskannya.
aku sendiri baru tahu klo ternyata pembesaran kelenjar prostat itu adalah sebuah hal yang sangat alami bagi kaum pria terutama usia 45 ke atas. Itu menjadi sesuatu hal yang alami dan setau saya dan saya tahu dari bbrp informasi belum ada penelitian yang dapat menjelaskan kenapa prostat dapat membesar.
ya..kembali pada operasi prostat, operasi prostat yang dijalani oleh pakdeku dinamakan “TUR“. Kurang tahu juga singktnnya apa, tp itu adalah operasi dengan model laser(dikerok gtu…jdi cuma bius lokal n pasien dapat melihat proses yang dilakukan dalam sebuah layar).

Biasanya setelah operasi TUR ini pasien akan dipasangi cateter; semacam alat bantu untuk kencing. Ini karena pasien belum diijinkan utk melakukan mobilitas. Pemasangan cateter ini bertujuan untuk membersihkan sisa gumpalan darah atau bahasa kedokterannya stolsel yang masih menempel. Pembersihan ini umumnya memakan waktu 7hari setelah itu akan dilihat apakah air seni yang keluar sudah mulai bening. Hal itu karena pasca operasi, air seni yang keluar bersamaan dg semacem cairan infus yang untuk pembersihan itu akan berwarna merah darah gtu…tp warna darah yang merah kecoklatan.

Nah…dalam proses observasi itu akan dipelankanlah tetesan cairan tadi, klo masih merah kecoklatan berarti belum bersih. Harapannya, pasca 7minggu stolsel2 tadi sudah keluar semua tp memang tiap pasien itu beda kasus.
sebagai catatan klo pasca operasi n selama masih terpasang cateter itu, merasakan kembung dan rasanya mau pipis tp ga bisa harus segera panggil suster agar segera diambil tindakan. Karena klo ga diambil tindakan maka tll banyak cairan dalam kandung kemih yg ga bisa keluar n itu agak riskan selain karena si pasiennya sendiri ga nyaman. Sebab semasa pemasangan kateter itu, si pasien harusnya ga merasakan rasa kepengen pipis gtu.

Sebagai tambahan, pasca operasi selepas 7hari atau mungkin 10hari, akan lb baik banyak mobilitas tp jangan sampai tll lelah. Itu akan membantu sisa stolsel yang ada cepat keluar atau dg harapan stolsel tadi sudah mengalami lisis jadi lebih mudah keluar, jangan lupa juga banyak minum karena si cairan tadi pasti sudah harus dilepas. Bahkan sebenarnya pemasangan si kateter yg tll lama jg tak baik karena akan menimbulkan iritasi. Kateter itu bisa dibilang alat bantu utk mengeluarkan stolsel tadi n bantu pasien pasca operasi. Nah..klo selepas di lepas kateter n pipisnya bisa lancar maka bisa pulang dg nyaman.
Memang kadang ada rasa seperti “anyang2en”/rasa kencing yg ga lampias gtu, tp itu gpp, biasanya itu bagian dari proses karena pemasangan kateter gtu.. Cara mengatasinya, klo muncul rasa itu minum air kurleb 2gelas.
tambahan informasi, 1bulan pasca operasi dilarang angkat2, mendorong dan semacam itu yang menimbulkan tekanan pada perut. Umpama harus menyetir itu benar2 kepepet aja n kec.kisaran 30/40km/jam.. Nah, umpm habis itu pipisnya jadi merah, segera istirahat. Trus kalo semasa itu batuk, segera obati karena batuk juga memberi tekanan pada perut bagaian bawah dimana itu adalah tempat operasi prostat. Klo diobati biasa ga berhasil, langsung bawa ke dokter n ceritakan klo kemarin habis operasi TUR.

sebelum kelupaan, umpm mau operasi dan pasca operasi tanyain tentang PA-nya gimana. PA itu patologi anatomi. Itu penting karena berhubungan dg kondisi “sesuatu” yg dioperasi itu. Klo negatif itu lebih tenang n manut saja kata dokter tp kitanya jg harus aktif tanya biar ga bingung sendiri.

ini cerita based experience, nanti kpn2 saya sambung lagi…
andaikata ada salah kata, saya mohon bantuan untuk dibenarkan n tlg beritahu saya.
thx 4ur attention.

About these ads

19 thoughts on “sedikit cerita tentang operasi prostat

  1. Apa yang diceriterkan adalah sesuai dengan pengalaman saya sendiri.pada tanggal 11 September 1994. Waktu itu saya dibius, dan tidak melihat prosenya. lagi pula belum ada tampilan dilayar TV yang dapat dlihat oleh pasien

  2. nambah saja : setau saya pembesaran prostat juga bisa disebabkan terlalu mengejan / ngeden sewaktu BAB. jadi buat para manula yang sakit wasir makanlah yang berserat biar gak berefek pada pembesaran kelenjar prostat. tq

    • oh, gtu…
      siaaap…sepertinya utk yg muda2 juga lb disarankan utk makan berserat jg n ga bole ngeden waktu BAB..
      pasca operasi juga disarankan (ato lb pasnya utk banyak makan yg berserat) karena ga bole ngeden atau ada penekanan di wilayah perut.
      kalo pasca operasi itu terserang batuk, harus langsung minta obat ke dokter.
      terima kasih infonya..

  3. salam kenal…operasi prostat yg dilakukan pak de anda, dilakukan di rumah sakit apa n nama dokter yg menanganinya siapa?menginap berapa lama dirumah sakit? n biaya biaya yg keluarkan habis berapa ya? mohon bantuannya..thanks

    • di rumah sakit panti rapih di jogja, tp nama dokternya saya lupa..cina kok dokternya n sekitar usia 30an sepertinya,
      di rumah sakit hampir seminggu, kalo biaya bisa dibilang alhmd cukup murah krn dapet potongan dari askes pakde saya.
      ada baiknya konsultasi aja dlu sama ahli urologi klo masih blm tau gejalanya, krn stau saya klo gejala prostat yang membengkak itu kalo udah ga bisa menahan kencing untuk beberapa waktu/ terlalu sering kencing. Kata dokter pakde saya jg ga semua org harus menjalani operasi prostat.
      maap baru di bales… jarang onlen,
      klo ada yg mau ditanyakan bisa hubungi ke email saya lia_saito@yahoo.co.id.
      suwun,

  4. Babe ku jg bru aj d oprasi,tp knp tiap mau buang air msih mrasa skit n sulit kluar air nya. Pdhal berkali2 udah sy konsultasikan ke perawat ato dokter. Tp gk ada tindakan yg brarti. Mlah perwat bilang itu adlh bagian proses penyembuhan. Yg sy heran,selang msih terpasang kok tp buang air msh merasakan skit smentara gk tindakan lanjut dr perawat ato pun dokter??? Apa krn pasien JPS babe sy gak ada tindakan lbih lanjut????

    • maap ya baru saya balas.
      sepertinya itu karena pemasangan kateternya yg kurang pas. Coba minta untuk pasang ulang kateter.

      Kayaknya klo masalah JPS ato bukan ga da hubungannya, soalnya pakde saya juga pake askes n pelayanannya bagus kok…
      Yg penting jangan ngeden klo udh terpasang kateter, karena klo ngeden nanti bikin sakit, karena luka bekas operasi kan ada di dalam tubuh n prosesnya emg ga cepet spti luka luar gtu..

      Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk proses pasca operasi. Klo ngerasa sakit, langsung bilang dokter n yg penting jangan ampe ngeden krn kateter itu udh langsung di saluran pembuangan air kencing, ga bole ngeden itu juga berlaku untuk pas BAB jg…

      Semoga bisa membantu ya…
      Get well soon buat babemu ya Naufal…^-^

  5. Bapak saya juga habis operasi pembesaran prostat dan dioperasi dua kali, sekarang sudah berjalan 4 bulan yang lalun tapi kok sering anyang-anyangen…kenapa ya?

    • memang pasca operasi itu masih ada efek anyang-anyangen, kalo setau saya itu bagian dari proses penyembuhan krn didalem kan ada penyembuhan bekas luka operasinya dengan keluarnya gumpalan darah kotor. Makanya perlu banyak minum air putih agar lebih cepat pulih tp jangan sampe ada ngeden2 itu kalo mau BAB ataupun dijaga sebisa mungkin jangan batuk krn menimbulkan tekanan di perut.Kalopun batuk segera diobati dan batuknya dibuat dehem aja biar tidak menimbulkan tekanan di perut, juga jangan angkat2 barang dulu.
      Segala aktivitas yang menimbulkan tekanan di bagian perut harus dihindari dulu.
      coba juga banyak jalan kaki agar sisa darah kotor segera keluar.
      Hal ini sudah dikonsultasikan ke dokter yang menangani bapaknya??

  6. Dua minggu setelah oprasi prostat selalu ada sedikit bekas agak kemerahan di tissu yang saya pasang di depan kemaluan. tapi kalo kencingnya bening tdak disertai darah dan lancar sekali. noda merah tsb kira-kira disebabkan karena apa ya. Kira-kira samape berapa lama ya ? Oleh dekter keluarga saya diberi obat NONFLAMEN. Upaya apa lagi yang harus saya lakukan agar bekas agak kemerahan di cawat itu tidak ada algi. terma kasih

    • maaf pak, saya kurang mengerti untuk masalah tersebut. Saya tidak memiliki ckup pengetahuan utk hal tsb.
      mungkin bs dikonsultasikan ke dokternya saja.

      regards

  7. mau tanya, ayah saya melakukan operasi prosat kira2 4 bulan lalu namun air seni nya kadang masih megeluarkan darah bersamaan dengan air seni nya. bisa di share kira2 knp ya ?

    • kalau setau saya, pasca operasi dibanyakin minum air putih biar darah-darah menggumpal sisa operasi cepat keluar mbak. Dibanyakin untuk jalan2 santai aja mbak. Tapi jangan sampai ada kegiatan yg menimbulkan penekanan di bagian perut. termasuk kalau batuk harus segera diobati, krn batuk menimbulkan tekanan di perut.

      kalo saya bisa share sampai itu aja mbak, selebihnya bisa dikonsultasikan ke dokternya.
      semoga ayah mbak lekas sembuh ya.

      regards.

    • dulu pake askes mba, kurang tau saya.
      soalnya saya juga nemenin aja, klo pembayaran urusan budhe.
      tapi kisaran 5jt apa ya..
      maap baru balas

  8. Salam kenal.. Kenapa ya bapakku ini sdh skitar 14 hari stelah operasi TURP di r.s.panti nugroho tapi msh dirawat di rmh sakit dan msh pake kateter, krena msh ada keluar darah. Adapun pada hari ke 5 setelah operasi bapakku merasakan sakit sekali di daerah pinggang ke bawah dan jd sulit berjalan sendiri (sbelum operasi TURP disuntik anestesi di daerah punggung) dan skarang tepat pada hari ke 14 stelah operasi,bapakku dipindah ke r.s.panti rapih utk mendapat 2nd opinion dari dokter senior yg lain. Hari ke 15 bapakku dilakukan operasi lagi, katanya utk pengurasan sisa2 gumpalan darah. Adapun pada hari ke 12 kmaren, bapakku sempat melakukan test MRI dan hasilnya terdapat saraf2 kejepit di tulang punggung bagian bawah. Btw apakah krena terdapat saraf kejepit tsb yg mengakibatkan bapakku jadi lama penyembuhannya ya? Saya berharap bapakku cepat sembuh dan bisa sgera pulang, krena kasian juga ibuku yg sdh lama menunggui bapakku selama di rawat di rmh sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s